Manfaat Green ICT menurut Harle yang terbagi menjadi beberapa stakeholder


Anggota kelompok :
1. Muhamad Sony Pratama
2. Nasra Indah Sari
3. Ferdinand Matthatias Gulo
4. Ahmad Bashori
5. Sandi Setiawan Tanjung

Green ICT adalah sebagai cara untuk mengembangkan industri teknologi informasi secara berkelanjutan. Green ICT juga memberikan manfaat terhadap area ekonomi dan lingkungan. Selain itu juga dapat mengurangi dampak e-waste, mendesain interaksi secara berkelanjutan, dan mengurangi pemakaian energi dengan sistem terkomputerisasi.

1. Manfaat untuk lingkungan:

  • Mengurangi emisi karbondioksida
karena dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan kita dapat meminimalisir pengeluaran zat beracun yang kita sebut dengan karbondioksida atau CO2.
  • Mengurangi konsumsi sumber daya
dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan tersebut karena digunakan hanya sesuai kebutuhan dan tidak dipakai berlebihan serta teknologi yg membuat perangkat komputer lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dan juga konsumsi sumber daya nya.
  • Menanti peraturan (di masa depan )
dikarenakan semakin maraknya terjadi pemanasan global, dengan mengembangkan Green ICT kita tdk hanya menaati peraturan di masa depan, tetapi membantu menjaga lingkungan agar dapat bertahan hingga anak cucu kita.


2. Manfaat untuk perusahaan:

  • hemat beban listrik
dikarenakan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan maka dari itu penggunaan yg efisien dan efektif tentu sangat menghemat beban listrik perusahaan.
  • mengurangi beban operasi data center
dikarenakan penggunaannya yang efektif dan efisien maka beban operasi pada data center dapat dikurangi dengan menggunakan Green ICT ini.
  • membutuhkan lebih sedikit hardware
dengan pemaksimal an hardware yang dimiliki dan efektifitas pemakaian maka penggunaaan hardware pun bisa di tekan menjadi lebih sedikit.


3. Manfaat untuk karyawan:

  • Meningkatkan kepuasan karyawan
dikarenakan kondisi yang nyaman dan menenangkan maka para karyawan pun merasa betah dan senang untuk bekerja dan tidak merasa tertekan sama sekali psikologisnya.
  • loyalitas yang lebih besar
karena pelayanan yang sangat baik terhadap karyawan, maka karyawan pun memiliki loyalitas terhadap perusahaan karena telah menyediakan tempat bekerja yang ramah lingkungan dan nyaman.
  • perekrutan lebih mudah
dikarenakan karyawan yang lain sudah merasa puas dan bahagia, maka orang yang ingin masuk bekerja akan lebih mudah dan banyak pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut karena kenyamanan dan kondisi yang tenang untuk bekerja karena citra perusahaan sudah sangat baik.


4. Manfaat untuk pasar

  • penilaian meningkat
dikarenakan menggunakan Green ICT maka penilaian dari mata masyarakat menjadi berubah dan lebih positif dari sebelumnya karena perusahaan mendukung ramah lingkungan.
  • harga saham yang lebih tinggi
dikarenakan kepercayaan masyarakat yg besar kepada perusahaan karena ramah lingkungan, maka para investor akan sangat senang bila menambah saham mereka di perusahaan tersebut.
  • nilai perusahaan yang lebih besar
dikarenakan semakin berkembangnya perusahaan maka dengan sendirinya nilai perusahaan akan menjadi lebih besar dan semakin besar kedepannya.


5. Manfaat pelanggan:

  • loyalitas pelanggan yang lebih besar
dengan menggunakan sistem dan perlengkapan yang ramah lingkungan para pelanggan pun merasa percaya kepada perusahaan dan hal tersebut menimbulkan loyalitas yang besar terhadap perusahaan.
  • ketertarikan bagi pelanggan baru
dengan melihat para pelanggan lama  sangat loyal kepada perusahaan, maka para pelanggan baru pun mulai penasaran dan perlahan tapi pasti mereka mengikuti perusahaan dengan loyalitas seperti pelanggan lama.
  • kepuasan pelanggan yang lebih besar
dengan meningkatnya pelayanan pada pelanggan serta penggunakan green computing maka kepuasan pelanggan akan dicapai dengan sendirinya.


6. Manfaat Publik:

  • Meningkatkan citra perusahaan
dikarenakan telah menggunakan teknologi yang sudah ramah lingkungan maka citra perusahaan pun dengan sendirinya akan naik di mata masyarakat dan pelanggan.
  • nilai merek yang lebih besar
dengan meningkatnya citra perusahaan, maka secara otomatis nilai merek di mata masyarakat akan dengan sendirinya juga meningkat di mata masyarakat dan pelanggan.


No comments:

Post a Comment

Postingan Paling banyak dilihat